NUTRISI JIWA & AKAL

1.     DZIKIR
·        Membaca Al – Qur’an
“Dan kami turunkan dari Al –Qur’an suatu yg menjadi penawar dan rahmat bagi orang2 yg beriman dan Al – Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang2 yg zhalim selain kerugian “(Al – Isra : 82)
·        Istighfar
“Barang siapa yang tekun beristighfar,Allah SWT akan memberikan solusi atas setiap kesulitan yang dihadapi memberikan pelipur atas kesedihan yang menghinggapi dan memberinya rezeki dari arah yg tak disangka –sangka” (HR.Abu Daud).  Imam Qatadah berkata “Penyakit kalian adalah dosa dan obatnya adalah istighfar.”
·        Muhasabah Diri
Muhasabah atau intropeksi diri akan membuat jiwa sadar akan aib dan kekurangan diri,sadar akan hak – hak  Allah SWT atas dirinya dan akan membuat jiwa semakin lembut dan tawadhu’.  Hasan Al – Basri  berkata “Seorang mukmin itu  pemimpin bagi dirinya sendiri. Ia mengintropeksi dirinya sendiri karena Allah Swt . Sesungguhnya Hisab pada Hari kiamat nanti akan ringan bagi mereka yang telah melakukannya di dunia. Sebaliknya hisab akan berat bagi kaum yang menempuh urusan ini tanpa pernah berintropeksi.”
·        Shalat Malam
Al Munkadir berkata ,”Kenikmatan dunia hanya tersisa tiga;Shalat Malam,berjumpa dengan teman dan shalat jamaah.”





v NUTRISI AKAL
o   Bacaan bermutu untuk menambah wawasan ilmu dien dan mendengarkan kajian – kajian keislaman
“Bacalah dengan (menyebut) nama RabbMu Yang menciptakan ,Dia telah menciptakan manusia dengan segumpal darah. Bacalah dan RabbMulah Yang Paling Pemurah.” (Al –Alaq :1-3)
o   Motivasi – motivasi positif untuk membangun mind power (kekuatan pikiran) dan mempola cara berfikir yg benar dan kreatif
“Dan tetaplah memberi peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang2 yg beriman.” (Adz – Dzariyat :55).
o   Menulis
“Para penilti di bidang neurologi (ilmu saraf otak), rata2 mengunggulkan membaca dan menulis dalam merawat dan menjaga otak agar terus berada dalam keadaan bugar dan siap menerima perubahan2 secepat apapun perubahan itu terjadi “(Hernowo)
o   Berfikir dan Menganalisa
“Sesungguhnya dalam penciptaan Langit2 dan bumi,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda2 bagi orang – orang yg berakal.”(Ali Imran:190)
o   Mempelajari Hal – Hal baru yang Bermanfaat,belajar memecahkan masalah dan latihan otak yg lain
“Bersemangatlah atas hal – hal yg bermanfaat bagimu. Minta tolonglah Pada Allah Swt,Jangan engkau lemah.”(Bukhari Muslim)
o   Refreshing
“Setiap amal itu ada masa giatnya dan setiap masa giat itu ada masa jenuhnya,Barang siapa yang pada masa jenuhnya diisi dengan sunahku, maka dia beruntung,barang siapa yang mengisi dengan selain sunahku maka dia celaka.” (HR.Ahmad)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Konsep Database (Sistem Informasi Manajemen)

CONTOH PROPOSAL METODELOGI PENELITIAN AKUNTANSI